Langsung ke konten utama

PERBEDAAN BUDAYA DI ZAMAN DAHULU HINGGA SEKARANG

NO
Tradisi atau Adat Masyarakat dalam Novel Azab dan Sengsara
Tradisi atau Adat Masyarakat Sekarang
1
Menikah atas pilihan orang tua
Contohnya :Sultan Baringin( Ayahanda Mariamin ) dinikahkan dengan Nuria (gadis yang tak dikenalnya )
Menikah atas pilihan sendiri
Contohnya : Anak memilih pendamping hidupnya  dengan orang yang sudah dikenalnya.
2
Mengunjungi orang hendak maksud bercakap-cakap yang dilakukan muda-mudi (ngapel).
Contohnya : Pada waktu muda adaa seorang lelaki datang bertandang ke rumah Nuria.
Tradisi tersebut masih dilakukan muda-mudi zaman sekarang, tetapi tidak popular lagi hanya dilakukan di beberapa desa saja.
Contohnya : Muda mudi zaman sekarang banyak yang pacaran di luar lingkungan rumah dan tanpa pengawasan orang tua. Pacaran di mall atau di taman-taman yang cukup jauh dari penglihatan orang tua.
3
Makan harus bersama keluarga
Contohnya : Mariamin menunggu ayahnya untuk sarapan bersama. Tapi karena ayahnya pergi, Ibu Mariamin memperbolehkannya untuk sarapan terlebih dahulu agar tidak terlambat ke sekolah.
Makan tanpa orang tua
Contohnya : Anak zaman sekarang makan sendiri-sendiri tanpa menunggu orang tua. Padahal orang yang lebih tua harus didahulukan dan dihormati.
4
Setiap laki-laki memiliki dua nama, ketika masih kecil (belum menikah) dan ketika sudah menikah.
Contohnya : Sultan Baringin
Saat belum menikah namanya Tohir, setelah menikah namanya Sultan Baringin.
Laki-laki zaman sekarang hanya memiliki satu nama baik sebelum maupun sesudah menikah.
Contohnya : Wayan Mada
Beliau namanya hanya satu sebelum dan sesudah menikah.
5
Kebanyakan wanita zaman dahulu bekerja keras, bukan pria.
Contohnya : Wanita Sipirok bekerja sebagai penenun kain batu bara , bukan suami mereka yang mencari nafkah.
Kebanyakan pria yang bekerja keras , wanita jarang.
Contohnya : Pria banyak yang bekerja dan wanita menjadi IRT. Tetapi ada juga yang suaminya bekerja, istrinyapun bekerja.
6
Menikah dengan orang yang satu suku tetapi beda marga.
Contohnya: Mariamin menikah dengan Kasibun, satu suku tetapi beda marga.
Sekarang orang tidak boleh menikah satu suku walupun beda marga.
Contohnya: Orang Batak dari marga Sitanggang menikah dengan suku Tamiang dari Sumatra Barat.
7
Bercerai merupakan sesuatu yang hina bagi wanita. Karena itu adalah aib yang tak boleh diketahui orang lain. Jika bercerai wanita dianggap tidak bisa mengurus dan melayani suaminya dengan baik. Wanita pada zaman itu sangat merasa malu jika bercerai. Bagi mereka itu bukan hal yang biasa.
Contohnya : Ketika Maariamin bercerai dengan Kasibun, ia merasa sangat malu dan segera pulang ke kampung halaman karena itu merupakan aib baginya.
Zaman sekarang cerai merupakan hal yang biasa dan popular terutama di kalangan artis.Itu juga bukan aib bagi keluarga.
Contohnya : Sophia Latjuba bercerai dengan Indra Lesmana. Karena Indra melarang Sophia untuk tidak bermain sinetron dan menyanyi lagi. Sophia merasa tidak bebas dan diakhiri dengan perceraian.
 Ini nih perbedaan masyarakat zaman dulu dan sekarang, yang bisa saya petik dan simpulkan dari novel Azab dan Sengsara. Beda banget kan ? Zaman dulu terikat dengan adat dan budaya sedangkan sekarang banyak yang berbuat seenak udelnya sendiri
abaikan , makanya orang orang dulu hidupnya lebih teratur dan tenteram.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOMUNIKASI DIGITAL

Pengertian Komunikasi Digital  Komunikasi Digital  adalah suatu alat yang mengkomunikasikan informasi-informasi digital dari dan ke perlengkapan lainnya. Salah satu keunggulan informasi digital adalah kecenderungan menjadi jauh lebih tahan akan salah transmisi dan interpretasi dari pada informasi yang disimbolkan alam suatu media analog. Mekanisme cara kerja Komunikasi Digital Komputer melaksanakan tugasnya berdasarkan program dan data yang diolahnya. Data adalah sebuah informasi, sedangkan program berfungsi untuk mengolah data yang tersimpan di dalam RAM dan Harddisk pada komputer, menjadi sesuatu yang diinginkan dan dimengerti oleh manusia. American Standard Code for Information Interchange (ASCII) merupakan kode yang dipakai pada komputer. Tabel ASCII terdiri dari 256 karakter dari 0 desimal sampai 255 desimal. Misalnya, karakter A memiliki kode decimal 65 atau dalam kode binernya 01000001. Jika di layar monitor tampil karakter A, komputer hanya mengetahui bahwa ada

SIKAP TOLERANSI DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA

Kita hidup dalam negara yang penuh keragaman, baik dari suku, agama, maupun budaya. Untuk hidup damai dan berdampingan, tentu dibutuhkan toleransi satu sama lain. Toleransi adalah perilaku terbuka dan menghargai segala perbedaan yang ada dengan sesama. Biasanya orang bertoleransi terhadap perbedaan kebudayaan dan agama. Namun, konsep toleransi ini juga bisa diaplikasikan untuk perbedaan jenis kelamin, anak-anak dengan gangguan fisik maupun intelektual dan perbedaan lainnya. Toleransi juga berarti menghormati dan belajar dari orang lain, menghargai perbedaan, menjembatani  kesenjangan budaya, menolak stereotip yang tidak adil, sehingga tercapai kesamaan sikap dan Toleransi  juga adalah istilah dalam konteks  sosial, budaya dan agama yang berarti sikap dan perbuatan yang melarang adanya diskriminasi terhadap kelompok-kelompok yang berbeda atau tidak dapat diterima oleh mayoritas dalam suatu masyarakat. Contohnya adalah toleransi beragama, dimana penganut mayoritas dalam suatu masy

Tugas 4. Pengantar Bisnis Informatika

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA TUGAS 4 Membuat Brosur Perusahaan Disusun Oleh : 1. Nadya Pramesti (54415945) 2. Nur Annisa (55415169) 3. Ori Defikri (55415281) 4. Ossi Anggia (55415286) 5. Qais Cahyo (55415473) 6. Raden Aru Suryo (55415497)